Kamis, 11 April 2013

Cara Membuat Pupuk Organik Cair



Cara Pembuatan  Pupuk Organik Cair

Salah satu penyumbang utama  unsur hara dalam tanah , adalah pupuk. Dalam pupuk banyak sekali terdapat unsur hara yang di butuhkan tumbuhan .  pupuk berbeda dengan suplemen tumbuhan. Pupuk lebih di utamakan dalam perkembangan dan pertumbuhan pada tumbuhan . Sedangkan hormon , berfungsi sebagai peransang agar tumbuhan lebih cepat mengeluarkan hasil produksi nya dan metabolisme. Umumnya unsur Nitrogen,  Phospat  dan Kalium  adalah unsur yang utama di butuhkan dalam tumbuhan . Pada Nitrogen berfungsi untuk pertumbuhan vegetatif , misal tinggi tanaman , pada phospor berfungsi untuk pertumbuhan pada akar , membantu proses pembungaan dan pemasakan pada biji , dan penyusun inti sel , dan pada Kalium berfungsi untuk daya tahan tanaman terhadap serangan dari hama serangga. Ada juga unsur hara makro lainya natrium, kalsium , magnesium dan  sulfur.  Sisanya unsur Hara mikro seperti  Cobalt ,  Clorine, silicon, borron, ferrum dan , zinc.

Pada pupuk organik banyak sekali unsur  hara makro seperti  Natrium , Phospat dan Kalium , terutama pada  pupuk kompos . Pupuk organik terbuat dari daun-daun , ranting- ranting atau sayur-sayuran yang membusuk dan kemudian terdekomposisi dalam tanah  . Selain itu pupuk organik juga terbuat dari kotoran – kotoran hewan maupun manusia , seperti kotoran sapi , kambing , domba , kuda babi dan unggas. Pupuk tersebut sering di sebut pupuk kandang .  Menurut literatur , pada kotoran sapi  kandungan Nitrogen nya  1,67 % , P2O2 1,11% dan K2O% . Pada kotoran ayam kandunga nitrogennya 6,27% , P2O2 5,92 % , dan K2O 3,27%. (Anonymous a , 2013) Bisa di lihat dari data tersebut , bahwa pupuk kandang memiliki jumlah prosentase unsuh hara makro yang lumayan besar juga. Pada pupuk organik di butuh kan peran yang sangat penting yaitu dekomposer . Dekomposer (atau saprotrophs) adalah organisme atau makhluk hidup yang memecah / mengurai makhluk hidup mati atau yang telah membusuk, dan menjadikan proses alami pembusukan. (anonymous b , 2013) . Dekomposer menjadikan organisme yang mati sebagai cadangan makanannya . Contoh dekomposer antara lain bakteri , jamur , dan cacing.  Menurut literatur , Bakteri pengurai penting, mereka didistribusikan secara luas dan dapat memecah hampir semua jenis bahan organik. (anonymous c , 2013) . Salah satu cadangan makanan dari bakteri adalah gula . jadi tidak heran ada penambahan bahan gula dalam pembuatan pupuk organik terutama pupuk organik yang cair.
                                               Contoh , Pupuk Organik Cair yang di jual di toko-toko

Pupuk organik di bagi menjadi dua macam , pupuk organik granular dan  Pupuk Organik Cair. Nah , karena yang di bahas sekarang tentang Pupuk organik cair , maka yang di bahas hanya  Pupuk Organik Cair.  Cara pemakain  Pupuk Cair Organik ini , biasa nya langsung di campur dengan air , dan kemudian di semprot hingga keluar bulir bulir halus air. Di semprot langsung pada tanaman dan tanah dengan menggunakan alat tertentu . Pupuk organik biasa di buat dari bahan baku buah yang telah membusuk , rumput-rumput ,daun – daun dan kemudian di diamkan selama beberapa bulan. Pembuatan pupuk ini dapat memanfaat kan segala sampah rumah tangga , sehingga dapat meminimalisir jumlah sampah rumah tangga.

Download melalui ziddu :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar