Kamis, 24 Januari 2013

Tragedi “wolu likur” ^_^




Hal yang paling ane nggak bisa lupa’in sob….. Mungkin ini yang bakal teringat terus samapi  anak cucu ane sob… ahhahahahaha….. Ane di bikin bingung masalah angka dalam bahasa jawa . Jujur sob , ane nggak bisa sama sekali nyebutin istilah angka dalam bahasa Jawa.

Awalnya neh , ane mau pergi munuju purwodadi pasuruan naik sepeda motor bareng temen-temen ane. Ane lewat jalan tol porong yang kagak berfungsi lagi gara-gara semenjak ada Lumpur Lapindo . Kebayangkan kondisi jalan yang berbatu,  bergelombang-gelombang , penuh lobang  membuat sepeda ane “ajeb-ajeb” naik-turun. Tapi tetep aja ane ngebut nikmati perjalanan sensasi “gempa local”.

Enak-enak nikmati sensasi “ajeb-ajeb”  , tiba – tiba sepeda ane banya bocor sob. Sial bener deh waktu itu. Akhirnya ane nuntun sepeda . Nggak kebayang dah , ane nuntun sepeda sepanjang jalan tol , yang kanan-kiri nye cuman ilalang . Sambil benerin celana ane yang kebetulan kedodoran banget , maklum abis pulang sekolah langsung cabut.  Tapi untung ada temen-temen ane yang nungguin. Hahahahha…. (Rutam Nuwus oyi Ker…)

Untung deh , di depan gerbang tol ntuh ada tukang tambal ban , lumayan rame. Kagak kebanyakan cincong ane sama temen-temen ane langsung masuk’in ntuh speda motor.

Ane (A)                        : “Pak niki sepeda’e ban’e bocor ….”  (pak ini sepeda saya ban ya bocor..)

Tukang Nambal (TN) : “Iyo le …. Wes tak delok’e kene…” (iya sini saya lihat dulu..)

A                                 : “Suwon nggeh pak …” (trimakasih pak…)
TN                               : “Waduh le.. iki gak isok di tambal , ban’e wes elek…”
                                      (aduh , ban nya gk bisa di tambal , ban nya sudah jelek..)
A                                 : “Trus Piye pak ?” (trus bagaimana pak..?)
TN                               : “Ganti ban anyar ae le…” (ganti ban baru saja …)
A                                 : “Piro pak ..?” (berapa..?)
TN                               : “Wolu Likur ewu…..”

Ane langsung keringetan , jiah berapa tuh “wolu likur” ? . Tapi ane berusaha tenang , santai , dan mencoba menterjemahkan sendiri . “Wolu Likur” , Wolu = 8 Likur=2 , berarti Wolu likur itu “Rp 82.000,00”  . (tololnya ane.. -,-)  

Ane sempet ada niatan buat nawar harga dengan Rp50.000,00

A                                 : “Larange pak ..? di towo oleh ?” (mahalnya pak…?di tawar boleh ?..)


TN langsung diem cep kayaknya males nanggepi . Trus si istri TN nerangin pake bahasa Indonesia.

Istri TN                        : “Halah mas , harga ban nya tuh 25 ribu sama jasa 3 ribu kok , gitu saja di tawar.”
A                                 : (glek -,-)  “Owalaaaaaaaaa…… Ya wes pak, ndang di ganti ”


Ane langsung syok betapa tolol nya ane , setelah ane tau bahwa “wolu likur” itu Cuman Rp28.000,00 bukan Rp82.000,00………
Untungnya ane belom sempet ngucapin harga tawaran ane , apa nggak kegirangan ntuh tukang tambal ban Rp28.000,00 ane tawar Rp 50.000,00 gara2 ketidak tahuan ane menghafal istilah angka dalam bahasa jawa.

Sampai sat ini , aneh masih blom paham betul sama istilah angka dalam bahasa jawa , missal “Selawe” , “Selikur” , “Suwidak” , “Rongjinnah”………. Hahhahahahahhahahahaha………

Sekian cerita ketololan dari ane sob , semoga peristiwa ini nggak terjadi pada sobat-sobat lain. Oh iya sob , tambahan , belajar berbahasa jawa itu penting sob , khususnya buat sobat-sobat yang berasal dari jawa , sangat bermanfaat semisal untuk sosialisasi dengan orang – orang jawa khususnya bahasa jawa alus..

Rutam Nuwus Ker…… Heheheheheheh……………… ^_^ 


1 komentar: