Kamis, 24 Januari 2013

Cara membuat Pot Susun (Pot IRK-13)


Halo sobat , alhamdulillah akhirnya bisa kembali memposting blog ini lagi setelah sekian lama vacuum buat nge-blog.

Oke sobat , udah sekian salam2 kangen nya , dan masuk ke dalam pokok bahasan.
Mungkin sobat pernah kepikiran nggak , waktu melihat “se-onggok” sampah2 berupa pipa-pipa paralon ? Pasti udah buruan langsung ambil langkah kaki seribu terus langsung buang begitu saja. Eits…… Tapi tunggu dulu .barang tersebut bisa di manfaat’in buat pot tanaman lho….. Nggak percaya ? Ato kepikiran “ah… itu sih biasa2 saja”…..

            Oke deh , mungkin di buat pot tanaman terpintas dalam pikiran biasa2 saja. Tapi ini beda lho…. Kita membuat Pot susun (Pot IRK-13) . “Hah, Pot Susun?”  . Ya , Pot susun dengan design yang cukup menarik . Sederhana , tapi membutuh kreatifitas tersendiri untuk membuatnya . Selain itu juga dapat membantu untuk mengurangi sampah lho… Dengan cara mendaur ulang sampah yang sulit teruai , ini kan kita mau buat dengan barang bekas , yaitu pipa paralon bekas.

            Pot ini bisa di gunakan untuk tanaman budidaya yang merambat lho…. Pasti terlihat keren dan estetika… Misal tanaman kangkung dll . So jelas pasti dapat menghemat tempat . Wah , cocok ya untuk halaman rumah yang minim media tanam , tapi berkeinginan kuat untuk berkebun.

           
 


Oke deh guys , langsung saja “Cekidot” untuk buat Pot Susun (Pot IRK-13) nya …:



  1. Siapkan Pipa Paralon 2 (ukuran kondisional)  ukuran , kawat , bor , tutup pipa , sabut kelapa , dan tanah



 
2. Pada pipa paralon (besar) di bentuk gambar pola segita , dengan jarak kira-kira 20 cm.
 
3. Setelah di gambar pola segitiga , lalu lubangi sesuai mengikuti pola gambar segitiga, lakukan pelubangan dengan bor agar lebih muda.
4. Setelah selesai mengerjakan pipa paralon besar , kemudian kerjakan pipa paralon yang kecil

5. Pada pipa paralon kecil , beri lubang-lubang untuk air , dan lubang-lubang dengan pola di sengaja untuk tempat kawat .
 6. Susun kawat secara menyalib , fungsinya untuk menahan tanah agar tidak jatuh kebawah. 


 
7. Kemudian masukan pipa paralon kecil pada pipa paralon yang besar  .
8. Setelah masuk , pada dasar kawat beri sabut kelapa.  
 
9. Kemudian masukan tanah sebagai media tanam melalui lubang-lubang segitiga tersebut yang pada bawahnya  telah di tahan oleh sabut kelapa.
10. Nah Pot Bisa di gunakan tinggal kasih tanaman deh... trus di setting deh di berbagai sudut ...


Itu saja sobat , sharing2 ilmu dari ane..... Ini ane cuman sekedar iseng-iseng , ane nyoba-nyoba bikin kreasi . Nah Paralon yang "nyampah" di gudang rumah ane  jadi inspirasi ane. Semoga dapat bermanfaat , dan semoga sobat2 bisa terinspirasi dan bisa membuat inovasi-inovasi baru. 

Rutam Nuwus ..... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar